Minggu, 07 Agustus 2016

Kenapa harus t(T)ulus?


(c) LWidyanti16
Lagu itu ibarat curhat… iya curhat, curhat colongan. :p
Kadang cerita kehidupan kita sekonyong-konyong disama-samain sama lagu yang lagi kita dengerin. Ngaku deh, siapa yang suka gini kalo dengerin lagu;

“Ihh tau nggak lagunya gue banget deeh…”
“Aahh.. kok lagunya bisa pas, siih…”
“Aselik! Lagunya JLEB banget tauuukkk..”

Baper, kemudian duduk di pojokan. (-__-“)
HaHah! Jawab masing-masing aja deh yee.. *gue juga suka begini sih* :p
So, kesimpulannya lagu tuh bisa jadi theme song kehidupan kita. Da atuh lagu juga terinspirasi dari pengalaman dan kisah dari kehidupan nyata siih. Kalo udah gini ya kayak filosofi “Telur atau Ayam”. Yang mana yang lebih dulu menginspirasi. Yaudahlah yaa.. gue suka ayam, dan gue juga suka telur. Yang penting intinya adalah, lagu tuh bisa bikin baper saat kita dengerin di moment yang tepat, waktu yang tepat, tempat yang tepat, situasi yang mendukung, dan bersama orang yang tepat. :p *yang ini kondisional sih* :p

Bermula dari keinginan lama untuk mengulas lagu dari musisi favorit gue.. TULUS
Lagu TULUS pertama yg gue denger itu yg judulnya SEWINDU. Waktu itu lagi zaman-zamannya lembur di sekolah karena ada event Hari Budaya Indonesia. Waktu check sound, si MC inisiatif banget pasang musik ini. Pertama denger, agak awam di telinga. Mengingat gue emang rada lemot sama lagu-lagu baru. :D
Liriknya bercerita tentang seseorang yg udah sewindu suka sama cewe. Tau nggak pas pertama denger di hati bilang apa? Ah udah ketebak mesti deehh…
Hahaha iyaaa… “Ini kok kayak gue banget..” :p
Hampir mirip-mirip sama pengalaman pribadi siihh.. tapi nggak sewindu-sewindu amaat.. :p

Nah! Kenapa harus Tulus? Kenapa ya?
Berhubung lagunya Tulus seriiiinggg bangeeettt nemenin gue full selama sebulan penuh kalo gue lagi pusing ngerjain tugas rapot anak-anak satu sekolahan, dan anehnya itu nggak boseen lho! Heran kan? Sama. Gue juga! :D
Selalu menyenangkan mendengarkan lagunya. Menyenangkan dan menenangkan, tepatnya.. :)
Mungkin gue bukan orang satu-satunya yg mengulas lagu-lagunya Tulus. Tapi gue juga penikmat karya-karyanya. Jadi gue merasa punya kesempatan untuk mengagumi syair Tulus yang puitis dan sarat makna dengan gaya dan “rasa” gue sendiri.
Apalagi pas denger lagu barunya yang judulnya “Ruang Sendiri”, duuh… makin-makin kepengen gue cerita kesan-kesan gue menikmati makna dan lirik-lirik lagunya.

Emang bener yee.. nama itu adalah doa. Orang tuanya Tulus mungkin kasih nama itu dengan harapan ia jadi orang yang tulus, baik hati, humble dan rajin menabung.
Sama seperti nama “Nugraha” yang artinya adalah anugerah dari Tuhan dan berharap bisa menjadi sebuah anugerah orang-orang di sekelilingnya. :p (Hihi so sorry boy.. I love you) (^_^)v
Seperti nama Cinta, yang diharapkan bisa selalu menebar cinta dan kebaikan.
Imam, yang diharapkan bisa menjadi imam yang baik.
Slamet, yang didoain selamet dunia akhirat.
Atau Udin, Asep, Amin, dan masih banyaak nama-nama baik lainnya.

Banyak yang mengakui dan berpendapat, kalo Tulus itu salah satu musisi yang baik dan dekat dengan Teman Tulus, sebutan untuk fans-fansnya. Keliatan sih.. gue juga bisa merasakan energi yang dia sampaikan.
Orang yang baik dan sungguh-sungguh itu energinya akan terpancar dengan sendirinya. That’s why gue bisa merasakan “sincere”, sebuah ketulusan dan kesungguhan dari karya-karyanya seorang Tulus.
Terbukti, menurut gue lirik-lirik lagunya punya makna tersirat yang cukup dalam dan menyentuh, sederhana, begitu adanya dan yang pasti easy listening. Oh ya, satu lagi, berkisah tentang cinta dan pengalaman hidup sehari-hari.
Terkadang memang saking puitisnya ada beberapa lirik lagunya yang susah diartiin :p
Cuma kalo udah tau artinya apa, dijamin hati langsung berbunga-bunga atau malah sebaliknya, nge-JLEB abis. :D

Sebenernya hampir semua lagu TULUS gue suka banget.
Dan pastinya dalam “hampir semua” itu tentu ada yang paling gue suka banget. Kan? Beberapa lagu TULUS yang gue suka BANGET karena liriknya yg “puitis” dan perlu dimaknai lebih dalam itu diantaranya:

-Sepatu-

“Kita sadar ingin bersama
Tapi tak bisa apa-apa
Terasa lengkap bila kita berdua
Terasa sedih bila kita di rak berbeda
Cinta memang banyak bentuknya
Mungkin tak semua bisa bersatu..”

Sukaaaa.. sama Sepatu ini. Menurut gue sih ini tentang 2 orang yang saling suka tapi nggak bisa jadian. Ngenes… karena mereka sahabatan. Hahaha
Gue pernah nggak ya? Eummm… I’m not sure. Mungkin iyaaa… :D :p
Tapi kemudian di akhirnya ditutup dengan manis, bahwa untuk mencintai itu banyak bentuknya. Gak selalu harus bersatu. :)
*tapi kalo gue, kalo cinta ya harus bersatu. Kalo nggak bisa bersatu jangan cinta lah. Kasian amat cinta dibagi-bagi :p

-Mengagumimu dari Jauh-

“Gerakmu guraumu kemasan raga
Tanpa kau sadari aku pahami
Cinta memang mungkin inilah cinta
Apapun lagumu aku jiwai
Tanpa ku miliki rindu terasa
Bukan ku tak percaya diri
Tapi aku tau diri
Biarkan ku memelukmu tanpa memelukmu
Mengagumimu dari jauh..”

Kan.. kan… apa kan gue bilang.. suka deh kata-kata puitis ginii… Nainiii.. lagunya pas buat yg gemar jadi secret admirer.. (kayak gue :p )

-Jatuh Cinta-

“Apa yang kini harus ku lakukan
Wajahnya selalu ada di pikiran
Tiba-tiba aku suka
Dia punya semua pesona
Dia punya semua yang ku damba..”

Lagu ini salah satu list yang sering banget diputer-puter ulang. Apalagi pas jaman-jamannya jatuh cinta samaaa…… Ah, begitulah.. :) *blushing*

-Bumerang-

“Dia biarkanku jatuh cinta
Lalu dia pergi seenaknya
Dihantui ragu tapi tak peduli
Gegabah jadi alasannya
Pandangan yang takkan ku lupa
Lama sudah aku tak punya
Lalu dia pergi menunggu dipaksa
Dirayu untuk bicara

Sudah jauh kini aku berjalan tinggalkan dirimu
Tak ku lihat lagi apa yang membutakan oh ragamu
Sementara kau sibuk dengan permainanmu
Dengan hati yang lain..
Nama yang lain
Sibuk merakit bumerang tuk menyerangmu
Tak ada maaf untuk dia
Nanti aku kan membalasnya
Dia harus tahu cinta ini benar
Bukan hanya mau biasa…”

Lagu ini mau ngasih tau pihak-pihak yg tidak bertanggung jawab (red-para pematah hati) :p buat hati-hati jangan sampe kekejaman dan sikap PHP kalian jadi boomerang buat diri sendiri. Lirik yg gue bold itu adalah part yg paling gue suka. Saat semua rasa sudah kembali netral, ternyata kita bisa berpikir lebih jernih dan mengetahui, bahwa perasaan kita ini beneran. Bukan main-main. KALO MAU MAIN TUH DI DUFAN, BUKAN DI HATI! *lah kok gue jadi emosi.bhahaha :p Heummm… curhat niyeeehh…

-Bunga Tidur-

“Cukup jauh dari mabuk rasanya
Untuk tak bermimpi entahlah
Ini pertanda apa
Sering malu karna sujud
Hanya bila tertekan
Duhai pria yang mengaku-ngaku dewasa
Kurun kebal membeku
Dididihkan pun tak mampu
Ini dia si jago pemalu
Kadang ku jatuh cinta
Kadang naik si pitam
Kadang gelap malam
Kadang semua tuli
Selama ku lihat engkau senang
Yang lainnya ku simpan sendiri..”

Bunga Tidur is the most favourite lyric buat gue. Karena lagu ini makna liriknya absurd banget. Sampe sekarang gue belum tahu dan tempe benar makna lagu ini seutuhnya tu apa. Mungkin harus tanya sama TULUS-nya langsung kali yaaah.. favourite part buat gue itu adalah bagian yg “sering malu karna sujud hanya bila tertekan, duhai pria yang mengaku-ngaku dewasa”. Secara tersirat itu ngingetin kalo inget Tuhan tuh pas lagi susah aja. Pas seneng, lupaa dunia.. Satu lagi juga ditutup dengan cantik dan tulus, “selama ku lihat engkau senang, yang lainnya ku simpan sendiri..” It’s very sweet. Cinta idealnya memang selalu tulus.. :)

-Jangan Cintai Aku Apa Adanya-

“Kau terima semua kurangku
Kau tak pernah marah bila ku salah
Kau selalu memuji apapun hasil tanganku
Yang tidak jarang payah
Jangan cintai aku.. apa adanya
Jangan…
Tuntutlah sesuatu biar kita jalan ke depan
Aku ingin lah menjadi petamu
Aku ingin jadi jagoanmu..”

Nah gue suka nih sama yg ini kenapa? Karena lagu ini optimis. Kalo biasanya cinta itu menerima apa adanya, kali ini si cinta (dan rangga) harus saling “menuntut” supaya saling bersinergi menuju kebaikan #tsaaaahhh :p
Lagu ini tuh megang banget.. menggambarkan peristiwa dan kejadian sehari-hari yg sering ditemui oleh pasangan. Video klipnya juga gue suka. Tentang suami istri (keluarga muda) yg berjuang bersama dan bekerja keras. Berpeluh bersama, ketawa sama-sama. What a wonderfull relationship. :)

And finally, the most lovable song is… TEMAN HIDUP yeeaayyyy…
\(^_^)/  \(^_^)/  \(^_^)/  \(^_^)/
Yeah of course ini jawaranya bangeett… believe it or not, kalo lagi stress gue bisa puter ini lagu berulang-ulang sampe mood rada enakan. Yaaaa kira-kira sejam lah.. berapa kali puter tuh? Ada kali 20 putaran.hahaha :D
Ya abis gimana dooong… romantis sih lagunya, sederhana tapi bermakna, easy listening, tenaaang pulak.. I’m literally fall in love.. :p

“Di dekatnya aku lebih tenang
Bersamanya jalan lebih terang
Tetaplah bersamaku jadi teman hidupku
Berdua kita hadapi dunia
Kau milikku milikmu
Kita satu kan tuju
Bersama arungi derasnya waktu
Bila di depan nanti banyak cobaan untuk kisah cinta kita
Jangan cepat menyerah
Kau punya aku, ku punya kamu, selamanya akan begitu
Kau milikku..
Ku milikmu..”

I sent him already.. :D

Itu diaa lagu-lagu TULUS yg liriknya puitis dan selalu ada makna di baliknya. Kalo mau didengerin dan diamatin satu-satu, jenis musiknya di tiap lagu tuh beda-beda kayaknya. Mulai dari yg agak nge-jazz ada, yg ala-ala vintage 80’an ada, yg klasik ada, pop apalagi. Beda jenis music, bakal beda juga makna dari lagunya. Tiap lagunya bisa jadi theme song dari pengalaman hidup kita (okeei iyaaa gueeee…)
Buat gue TULUS berhasil menginspirasi orang lain dengan prestasi dan karyanya. Dan ini bukan pekerjaan sehari-dua hari. Tapi bertahun-tahun..
Maka dari itu, secara sah gue tetapkan bahwa TULUS masuk ke dalam jajaran musisi favorit gue. Yippiiieeee…. :D

The last but not least, lagu barunya yg juga bikin gue mangap-mangap. Terus berdecak kagum sambil bilang, “Ini bener bangeet..” judulnya Ruang Sendiri.
Mungkin maksud lagu ini nih Ruang Sendiri tuh kayak “Me Time” gitu kali yaaa…
Kadangkala dalam relationship itu ruang privasi akan banyak berkurang, hubungan juga akan boring. Yaa yg ini tergantung kesepakatan kali yaah.. Kita juga butuh ruang sendiri, supaya kita lebih menghargai lagi rasa sepi dan hak “me time” kita untuk diri sendiri. Biasanya kan apa-apa dan kemana-mana itu harus laporan sama komandan yaa… hihi.

Lagu ini ngingetin dengan santun kalo kita tuh perlu looh punya ruang buat sendiri barang beberapa saat. Tujuannya baik, supaya kualitas hubungan makin terjaga karena dari kesendirian itu kita bakal saling introspeksi diri dan saling upgrade rasa rindu mungkin yaaa… bakal kangen nggak siiih, seberapa besar siih perasaan kita masing-masing kalo lagi nggak kontek. Kan teh Melly Goeslaw juga bilang kalo, “kata orang rindu itu indah..” ah kata gue sih menyiksa..haha. :p
So, Teman Tulus and dear you guys… gue kasih liriknya sama video klipnya yah..
Just check this out and see yeaaaa bye-bye…. *smooch :*

-Ruang Sendiri-

Beri aku kesempatan tuk bisa merindukanmu
Jangan datang terus
Beri juga aku ruang bebas dan sendiri
Jangan ada terus

Aku butuh tahu seberapa kubutuhkanmu
Percayalah rindu itu baik untuk kita

Pergi melihatku menjelang siang kau tahu
Aku ada dimana sore nanti
Tak pernah sekalipun ada malam yang dingin
Hingga aku lupa rasanya sepi
Tak lagi sepi bisa kuhargai

Baik buruk perubahanku tak akan kau sadari
Kita berevolusi
Bila kita ingin tahu seberapa besar rasa yang kita punya
Kita butuh ruang

Pergi melihatku menjelang siang kau tahu
Aku ada dimana sore nanti
Tak pernah sekalipun ada malam yang dingin
Hingga aku lupa rasanya sepi
Tak lagi sepi bisa kuhargai

Kita tetap butuh ruang sendiri sendiri
Untuk tetap menghargai oh rasanya sepi

Pergi melihatku menjelang siang kau tahu
Aku ada dimana sore nanti
Tak pernah sekalipun ada malam yang dingin
Hingga aku lupa rasanya sepi

Tak lagi sepi bisa kuhargai
Tak lagi sepi bisa kuhargai

(youtube)

#LWidyanti16-00.22

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for visiting.. :)